Monstera Deliciosa , Primadona Baru Tanaman Indoor & Outdoor

Jenis Philodendron yang lagi ngehits dikalangan instagramers ini bernama Monstera Deliciosa. Sekeren namanya, penampilan tanaman yang seksi ini begitu mempesona. Apalagi ditambah cara perbanyakan yang tidak sulit, dan sifatnya yang bisa diletakkan didalam atau luar ruangan, menjadikan Monstera ini kesayangan para plant lovers.

Tanaman yang berasal dari hutan tropis di selatan Meksiko sampai selatan Panama ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menampilkan taman yang indah atau ruangan yang lebih hijau. Bentuk daun Monstera yang unik tak hanya dapat memberi kesan eksklusif pada ruangan, namun juga mampu meningkatkan kualitas udara berkat produksi oksigen terutama pada malam hari.
Anggota dari arum keluarga Araceae adalah tanaman epifit dengan akar udara , mampu tumbuh hingga 20 m (66 kaki) tinggi dengan besar, kasar, mengkilap, daun berbentuk hati dengan panjang 25-90 cm  luas 25 -75 cm. Tanaman muda memiliki daun yang lebih kecil dan seluruh tanpa lobus atau lubang, tapi segera menghasilkan daun berlubang dan daun fenestrate. Ada orang yang menyebut tanaman ini dengan nama “janda bolong”. Namun, tumbuhan “janda bolong” memiliki daun yang lebih kecil dan lonjong, sedangkan Monstera deliciosa memiliki daun yang melebar seperti talas.
monstera
Monstera deliciosa umumnya ditanam untuk dekorasi interior di gedung-gedung publik dan sebagai houseplant . Tumbuh sangat baik antara suhu 20-30 ° C (68-86 ° F) membutuhkan kelembaban tinggi serta keteduhan. Tanaman bertahan di dalam ruangan hingga sepekan. Bila ditanam di tanah subur dan ditanam di tanah, ukuran daunnya akan melebar. Jika ditanam di dalam pot, ukuran daunnya hingga selebar telapak tangan orang dewasa.
Tanaman ini tumbuh merambat atau memanjat. Dengan tumbuhnya akar dibatang. Akar tanaman ini ada yang tumbuh hingga ketanah sehingga mampu menunjang batang, dan juga bergelantung. Memiki ciri daun yang berlubang, ketika daun muda memiliki kemirapan dengan Philodendron pertusum. Tanaman ini dapat tumbuh menjalar tidak teratur, sehingga perlu adanya pemangkasan cabang dan batang.

Tanaman Monstera Beracun:

Tanaman Monstera ini beracun , dimana bisa menyebabkan kulit gatal bisa terkena getahnya, dan juga akan menyebabkan keracunan bila dikunyah dan ditelan. Jadi hati - hati ya guys...ini bukan sejenis sayuran meskipun penampakannya begitu menggiurkan untuk dibuat lalapan :).
Buah Monstera ada juga mengkonsumsinya, namun juga harus hati - hati, karena buahnya yang mirip dengan nanas, bila masih muda dan hijau cukup beracun, dan bila matang juga harus berhati - hati jika ingin memakannya.

Menanam Monstera:

Monstera deliciosa dapat hidup dengan baik, di tempat yang memiliki suhu 23 sampai dengan 30 derajat Celcius pada siang hari, dan 15 derajat Celcius pada malam hari. Media tanam Monstera tidak jauh berbeda dengan jenis tanaman hias yang lain.Media tanah yang baik digunakan untuk tanaman yang satu ini terbuat dari campuran tanah dengan pasir serta kompos dengan perbandingan satu banding satu. Budidaya tanaman Monstera bisa dilakukan dengan cara vegetatif.
Salah satu cara termudah untuk memperbanyak tanaman yang satu ini adalah dengan setek batang. Proses seteknya pun tidak berbeda dengan setek yang dilakukan pada tanaman jenis lain. Apabila ingin memperoleh hasil bibit yang baik maka juga diperlukan indukan yang baik. Perawatan tanaman bunga Monstera juga sama dengan jenis tanaman lain. Yakni dengan penyiraman secara rutin, pemupukan berkala, dan menghindarkannya dari berbagai macam jenis hama penyakit.