Manfaat Buah Manggis & Kulitnya




Siapa yang nggak kenal buah Manggis ? Yang manis - manis asem dan pada musim tertentu buah ini melimpah ruah di panen di Indonesia.
Manggis yang memiliki nama Latin Garcinia Mangostana, adalah buah tropis yang unik.

Asal - usul tanaman Manggis diyakini berasal dari Semenanjung Malaya dan di beberapa daerah di Indonesia akan tumbuh dengan sumbur sehingga mudah dibudidayakan oleh penduduk setempat. Manggis berkerabat dengan buah Asam gelugur, asam kandis dan buah Kokam.

Pohon Manggis bisa mencapai ketinggian sampai 25 meter , memiliki bunga dengan ukuran sedang dan buah berwarna hijau muda saat belum matang. Pada saat matang, kulit buah akan berwarna merah keunguan , berbentuk bulat speris dan keras di bagian luarnya.

Bagian yang bisa dimakan langsung adalah buah yang menyelimuti biji Manggis, yaitu bagian berwarna putih susu yang memiliki rasa manis asam segar.

Musim buah Manggis biasanya sama dengan musim buah Durian, sehingga pada saat musim Durian, harga Manggis menjadi murah.

Manfaat Manggis

Buah Manggis di bagian yang bisa dimakan kaya akan Vitamin C, Vitamin B kompleks dan serat alami. Dan penelitian akhir - akhir ini justru menemukan manfaat yang luar biasa dari kulit Manggis yang keras dan berwarna merah keunguan.

Kulit Manggis mengandung senyawa Polifenol yaitu Xanthone dan Tanin yang berlimpah dimana kedua zat organik ini memiliki manfaat utama sebagai Antioksidan dan Anti Inflamasi , sehingga secara umum, kulit buah Manggis sangat baik untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh.

Beberapa penerapan manfaat kulit buah Manggis antara lain :

1. Mencegah Kanker
Keseimbangan radikal bebas dan antioksidan yang baik tidak akan menimbulkan penyakit Kanker, oleh karena itu, disarankan untuk orang yang terpapar zat radiaktif, polusi, stress, pola makan tidak baik , agar menjaga keseimbangan dengan rutin meminum larutan kulit Manggis agar memiliki cukup Antioksidan. Dalam kondisi seimbang, maka terhindar dari penyakit Kanker.

2. Mencegah Komplikasi Diabetes
Kadar gula darah yang tidak stabil akan mengakibatkan berbagai penyakit komplikasi , mulai dari gangguan penglihatan, glaukoma, penyakit ginjal, kerusakan organ tubuh dan luka diabetes yang membusuk. Kulit Manggis berperan menjaga kestabilan kadar gula darah bila dikonsumsi secara teratur.

3. Mencegah Penyakit Ginjal
Penyakit ginjal adalah salah satu komplikasi dari tekanan darah tinggi dan Diabetes. Agar terhindar dari penyakit ginjal, orang dengan Hipertensi dan Diabetes sebaiknya selalu menjaga pola makan dan mengkonsumsi teh Kulit Manggis agar terhindar dari penyakit ginjal.

4. Menurunkan berat badan
Berat badan yang naik disebabkan ketidakseimbangan antara asupan dan energi yang dikeluarkan melalui aktifitas tubuh. Zat yang terkandung didalam kulit Manggis membantu metabolisme lemak dan karbohidrat menjadi energi dan membantu penyerapan zat makanan dengan baik didalam usus sehingga membantu keseimbangan energi. Minumlah secara rutin teh kulit Manggis pada pagi hari, sebelum beraktifitas dan makan, dan rasakan penurunan berat badan yang signifikan dalam satu bulan.

5. Mengurangi nyeri
Kulit Manggis mengandung zat kimia alami yang langsung meredakan nyeri pada saat Anda terlalu lelah bekerja atau mengalami luka atau trauma dan pada sakit gigi.

6. Menjaga stamina tubuh
Terkait dengan manfaat kulit Manggis sebagai anti inflamasi, tubuh akan terasa bugar dan sehat bila kita tidak mengalami penyakit atau peradangan yang tidak kita sadari.

7. Mencegah Kepikunan dan Penyakit Alzheimer
Xanthone akan memelihara sel - sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga kerusakan otak yang menyebabkan penyakit Alzheimer bisa dihindari.

Cara mengolah kulit Manggis untuk dikonsumsi dan dimanfaatkan sangat mudah, sebagai berikut :

1. Potong - potong kulit Manggis sesuai selera.
2. Tempatkan pada wadah yang cukup lebar dan jemur di panas matahari selama kurang lebih 3 hari
3. Rebus kulit Manggis kering secukupnya, sampai mendidih dan saring.
4. Teh kulit Manggis siap dikonsumsi , dan bisa juga digunakan untuk mencuci kulit dan muka.

Semoga bermanfaat. :)